Informasi Kesehatan

Bahaya Menelan Permen Karet Dengan Sengaja

Bahaya Menelan Permen Karet Dengan Sengaja,- Permen karet adalah teman yang cocok ketika kita sedang bete. Kenapa? Karena permen karet bisa membuat pikiran tenang. Mengunyah permen karet ketika kerja atau bepergian juga kerap dilakukan oleh sebagian orang.

Selain bisa mencegah bau mulut, ternyata permen karet juga bermanfaat untuk menghidrasi tubuh sehingga tidak mudah haus. Meski permen karet punya segudang khasiat, tapi tetap saja mengkonsumsi permen karet kurang disarankan. Kenapa ya? Mau tau alasannya? Mari kita bahas.

Bahaya Menelan Permen Karet Dengan Sengaja

Bahaya Menelan Permen Karet Dengan Sengaja

Permen karet merupakan makanan yang terbuat dari beberapa bahan campuran diantaranya gula buatan, pewarna makanan, perasa dan gum resin. Mungkin tubuh masih bisa mencerna gula tapi gum resin? Cukup sulit, bahkan cenderung lebih berbahaya. Itu sebabnya kenapa permen karet tidak boleh sampai tertelan apalagi kalau dengan sengaja di telan. Kemungkinan besar, permen karet tersebut akan berada di perut dalam waktu cukup lama.Bahaya Menelan Permen Karet Dengan Sengaja

Selain itu, terlalu sering mengunyah permen karet juga bisa menyebabkan obesitas. Hal ini dikarenakan permen karet mengandung gula cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi terlalu sering akan berisiko dan menimbulkan kelebihan produksi gula dalam tubuh. Alhasil, kamu akan mengalami peningkatan berat badan. Itulah alasan lainnya kenapa seseorang tidak boleh makan permen karet.

Ya meski memang permen karet itu bersifat menenangkan dan boleh dikonsumsi. Namun tetap saja, akan ada risiko setelahnya. Jadi kalau kamu ingin tubuh tak punya masalah kesehatan, sebaiknya kurangi mengunyah permen karet dari sekarang. Apalagi kalau sampai ditelan secara sengaja karena alasan tidak ada tisu untuk membuangnya. Bahaya Menelan Permen Karet Dengan Sengaja

Lebih jelas, berikut beberapa bahaya lain dari permen karet bagi tubuh ↵
  • Merusak kesehatan lambung

Bagi penderita maag dan asam lambung, mengunyah permen karet saja sudah berisiko. Apalagi jika ditelan dengan sengaja. Entah apa yang akan terjadi, namun dalam beberapa riwayat, seseorang yang menelan permen karet dengan sengaja dapat menyebabkan kerusakan lambung. Ini terjadi karena efek permen karet pada lambung cukup merugikan bahkan mengancam kesehatan bakteri baik dalam lambung.

  • Tidak memiliki nutrisi apapun

Sebenarnya bukan hanya karena tidak bisa dicerna saja, menelan permen karet juga dilarang karena memang tidak memiliki nutrisi apapun. Kalau tak punya manfaat untuk tubuh, kenapa harus dimakan? Toh masih banyak, makanan-makanan lainnya yang jauh lebih sehat dan aman dikonsumsi. Pastinya, memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Bahaya Menelan Permen Karet Dengan Sengaja

Intinya menelan permen karet memang sah-sah saja dan boleh dilakukan siapapun. Namun pertanyaannya, apakah perlu menelannya ketika sudah tidak manis lagi? Membuang permen karet yang sudah hambar jauh lebih dianjurkan karena mampu menjaga kesehatan dan menghindari terbentuknya penyakit. Bukankah mencegah jauh lebih baik daripada mengobati? Mengapa tidak dilakukan sejak dini dengan memulainya dari hal kecil.

Statistimt.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *