Informasi Kesehatan

Benarkah Biji Cabai Bisa Sebabkan Usus Buntu

Benarkah Biji Cabai Bisa Sebabkan Usus Buntu,- Cabai adalah sayuran paling banyak diminati. Cabai mampu menghasilkan sensasi pedas alami sehingga membuat makanan lebih sedap. Salah satu olahan dari cabai khas Indonesia adalah sambal. Hidangan dianggap jauh lebih nikmat apabila disantap bersamaan dengan sambal. Adapun beberapa resep makanan khas yang biasa dimakan bersamaan dengan sambal adalah nasi liwet. 

Rasa pedas yang dihasilkan cabai mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya memperbaiki mood tapi juga berpotensi mempercepat penurunan berat badan. Tak cukup sampai disitu, bahkan cabai juga diklaim sebagai sayuran yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ingat meski cabai ini punya banyak manfaat, bukan berarti kamu bebas mengkonsumsinya begitu saja.

Tetap harus ada takaran yang pas. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka cabai bisa memberikan dampak sebaliknya. Yaps betul sekali! Bukan manfaat kesehatan yang didapatkan melainkan risiko terserang berbagai penyakit. Salah satu kondisi kesehatan yang sering dikaitkan dengan cabai adalah usus buntu. Lantas benarkah cabai bisa menyebabkan terbentuknya penyakit usus buntu? Untuk mengetahui fakta sebenarnya, jauh lebih baik kamu cermati artikel ini sampai akhir. Benarkah Biji Cabai Bisa Sebabkan Usus Buntu


Benarkah Biji Cabai Bisa Sebabkan Usus Buntu


Luangkan waktu 20 menit, untuk membaca artikel ini. Dengan begitu, kamu akan tahu apakah cabai benar-benar bisa memicu usus buntu? Atau justru sebaliknya, Cabai sama sekali tidak ada keterkaitan dengan usus buntu. 

Benarkah Biji Cabai Bisa Sebabkan Usus Buntu

Penasaran? Mari kita bahas bersama..

Usus buntu adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Usus buntu tidak mempunyai fungsi apapun bagi tubuh manusia, kendati begitu jika mengalami penyumbatan maka bisa berakibat fatal. Seberapa umumkah penyakit usus buntu? Kondisi ini cukup umum dan banyak diderita oleh mereka yang berusia sepuluh sampai tiga puluh tahun ke atas.  Benarkah Biji Cabai Bisa Sebabkan Usus Buntu

Lantas apakah benar biji cabai bisa menyebabkan usus buntu? Dari penjelasan di atas seharusnya kita sudah paham, bahwa biji cabai sama sekali tidak menyebabkan usus buntu. Artinya, ini hanyalah mitos belaka yang masih dipercaya oleh orang-orang Indonesia.  Benarkah Biji Cabai Bisa Sebabkan Usus Buntu

Justru sebaliknya, cabai sangat bermanfaat bagi kesehatan karena capcaisin yang terkandung didalamnya dapat membantu beberapa kinerja tubuh. Bahkan dalam banyak kasus, cabai sering dijadikan sebagai media penunjang diet karena bisa menurunkan berat badan dengan sangat cepat. Hal ini disebabkan karena cabai dapat membakar kalori di tubuh, sehingga mengkonsumsinya secara rutin bisa membantu penurunan berat badan.

Tuh kan, makan cabai ternyata sama sekali tidak menyebabkan usus buntu. Tapi kalau teman-teman memang takut usus buntunya bermasalah, mungkin sudah saatnya sekarang untuk memerhatikan beberapa hal diantaranya ;

  • Menghindari makanan rendah serat

Makanan rendah serat cenderung lebih sulit dicerna sehingga berisiko mengalami penumpukan pada usus buntu. Tentu ini sangat berbahaya karena makanan tersebut dapat menyebabkan penyumbatan. Jika hal ini terjadi maka yang menjadi korbannya adalah usus buntu itu sendiri, karena cenderung membengkak.

Apabila tidak dilakukan pengobatan, lama kelamaan peradangan akan semakin parah dan membuat lapisan kulit didalamnya terkikis hingga menipis. Kalau sudah pada tahap ini, usus buntu akan semakin terluka sehingga tak heran apabila menimbulkan sensasi perih yang teramat sangat pada penderitanya. 

  • Adanya infeksi virus

Menurut seorang dokter Edward Livingston mengungkapkan bahwa penyakit usus buntu bisa diakibatkan oleh adanya infeksi. Sejauh ini belum diketahui virus apa yang menyerang usus buntu namun hal ini sudah di buku kan dan tertuang pada makalah yang terbit di  Archives of Surgery edisi Januari tahun 2010. Satu hal lagi yang menguatkan bahwa biji cabai sama sekali tidak menyebabkan usus buntu.

  • Penebalan dinding usus

Penebalan dinding usus ini umumnya disebabkan oleh pola makan kita sendiri. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang masih panas bisa membuat kaget lapisan usus sehingga tak heran kalau lama kelamaan akan bengkak. Kalau sudah timbul luka biasanya sulit disembuhkan. Meski begitu, kamu masih bisa mencegahnya, nah sebelum kondisi semakin buruk sebaiknya hindari kebiasaan menyantap hidangan yang masih pedas. 

Berikut adalah penjelasan mengenai usus buntu dan biji cabai. Jadi sudah jelas ya bahwa biji cabai sama sekali tidak ada kaitannya dengan penyakit usus buntu. Itu hanyalah mitos yang belakangan dipercaya, kabar seperti ini biasanya hadir dari satu mulut ke mulut lainnya. Maka dari itu, penting untuk kamu membaca dan mengetahui artikel-artikel memuat fakta seperti ini, ya salah satu manfaatnya biar gak dibodohi sama omongan orang, apalagi yang belum jelas kebenarannya.

Sumber : https://statistimt.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *