Diet Sehat

Durasi Skipping Untuk Menurunkan Berat Badan

Durasi Skipping Untuk Menurunkan Berat Badan,- Skipping atau lompat tali merupakan salah satu jenis latihan yang terbukti bagus bagi tubuh. Selain dapat meninggikan badan, skipping juga ternyata sangat bermanfaat bagi mereka yang bertubuh gemuk.

Kenapa? Karena latihan satu ini berpotensi mempercepat penurunan berat badan. Wow, keren ya!  Tak seperti kebanyakan olahraga yang umum dilakukan, lompat tali terbilang ringan dan praktis. Apabila kalian sedang berusaha menurunkan bobot tubuh, bisa nih mencoba jenis olahraga satu ini.

Ya, kita semua pasti tahu selain butuh komitmen yang kuat, menurunkan berat badan juga harus diimbangi dengan olahraga yang cocok supaya bentuk tubuh yang kita inginkan bisa tercapai. Lalu berapa lama kita harus melakukan skipping? Biar gak salah kaprah, lebih baik intip durasi skipping untuk menurunkan berat badan dibawah ini.


Durasi Skipping Untuk Menurunkan Berat Badan

Durasi Skipping Untuk Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa skipping termasuk jenis olahraga yang efektif menurunkan berat badan. Meski cara bermain skipping ini terlihat mudah, tapi tidak sembarang orang bisa melakukannya lho.

Butuh perjuangan khusus supaya anda benar-benar mahir dalam memainkan olahraga satu ini. Bagi seorang pemula, mungkin kalian akan melompat lebih tinggi karena baru pertama kali. Tapi, kalau sudah lihai biasanya lompatan tidak akan lebih dari satu inci.

Berapa lama kita harus melakukan skipping? Untuk durasinya sendiri, tidak lebih dari 5 menit setelah itu istirahatlah. Biarkan tubuh kembali normal dulu, kemudian kamu bisa melanjutkannya dan meningkatkan durasi menjadi 10-15 menit perhari.

Ketika anda ingin mencoba latihan ini, sebaiknya pilih ruang terbuka yang luas. Kalau bisa di lapangan saja, supaya kamu dapat bergerak lebih bebas. Karena skipping ini kan lebih ke lompatan, jadi kalau dilakukan di ruang tertutup yang ada malah susah gerak. 

Lalu seberapa efektifkah olahraga skipping ini?

Menurut salah seorang penulis buku kesehatan bernama Edward Jackowski, PhD, beliau mengungkapkan bahwa olahraga lompat tali ini cukup efektif dan ampuh membakar kalori pada beberapa bagian tubuh seperti lengan, perut, paha, bokong, kaki, dan otot dada.

Paling luar biasa olahraga skipping juga tidak akan menimbulkan cedera pada lutut. Justru sebaliknya, melakukan lompat tali secara teratur dan rutin dapat menjaga kesehatan tulang dan fungsi sendi sehingga anda terhindar dari risiko penyakit osteoporosis. 

Adapun tips lain untuk melakukan skipping adalah ;
  • Lakukan pemanasan

Awal sebelum melakukan skipping sebaiknya kamu lakukan pemanasan dulu. Pemanasan diperlukan guna menjaga urat-urat pada kaki agar rileks sehingga tidak menyebabkan timbulnya varises. 

Selain itu, pemanasan juga penting agar otot-otot tidak kaget ketika anda mulai melompat. Pastikan kamu melakukan pemanasan dulu sebelum skipping karena jika tidak, maka akibatnya cukup fatal. Bahkan bisa mengalami kram otot yang berlangsung cukup lama.

  • Pakai alas kaki yang sesuai

Tak kalah penting dari pemanasan, alas kaki juga perlu kamu perhatikan. Yang kita lakukan ini olahraga lompatan, jadi sudah jelas kalau alas kaki sangat penting. Pakai sepatu olahraga yang nyaman dan sesuai ukuran supaya tidak copot ketika kamu siap melompat. Sepatu juga bermanfaat sebagai pelindung dari kerasnya tekanan saat kaki menempel di tanah.

  • Awali dengan lompatan kecil

Ingat, meski kamu sudah mempelajari cukup banyak mengenai skipping bukan berarti bisa melompat sesuai keinginan begitu saja ya. Jika melakukan hal ini, percayalah kamu akan mengalami sakit pada bagian kaki dan pinggang. Kenapa? Karena kedua bagian tubuhmu tersebut belum siap sepenuhnya. 

Jadi, jalan terbaiknya adalah dengan melakukan lompatan-lompatan kecil. Tidak masalah jika masih kaku, karena nanti kalau sudah terbiasa juga akan lentur dengan sendirinya. Ingat ya, meski kamu bukan seorang pemula dan sudah sering melakukan skipping tapi bukan berarti kamu melupakan peraturan yang ada.

Berikut adalah durasi skipping untuk menurunkan berat badan beserta tips permainannya. Kalau mau mencoba latihan yang satu ini ajak teman, jangan sendirian. Bermain bersama dengan teman selalu lebih asik sehingga tidak membosankan. Tunggu apalagi? Ayo, lakukan lompatan skipping sekarang juga biar berat badanmu cepat turun!

Statistimt.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *