Informasi Kesehatan

Tips Aman Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

Tips Aman Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud,- Cotton bud adalah media yang kita pakai untuk membersihkan telinga. Meskipun kemampuannya terbukti dapat mengeluarkan kotoran telinga, namun tahukah anda? Sebenarnya pemakaian cotton bud untuk telinga kurang dianjurkan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kotoran telinga, salah satunya adalah menjaga kondisi telinga agar tetap sehat dan menyaring debu atau hewan kecil yang berusaha masuk ke telinga. Kendati begitu, tetap saja kita bakal merasa kurang nyaman ketika kotoran sudah terlalu penuh.

Ujung-ujungnya ngambil cotton bud dan segera membersihkannya. Kalau biasanya seperti itu, mulai sekarang sebaiknya jangan ya! Berdasarkan sebuah penelitian, ada salah seorang pemuda yang sedang menyetir kemudian ia membersihkan telinganya dengan cotton bud karena terasa geli.

Alhasil, ketika ia menginjak rem, cotton bud tersebut malah merusak gendang telinganya hingga robek. Itu mungkin salah satu alasannya kenapa kamu harus berhenti memakai cotton bud untuk mengeluarkan kotoran pada telinga.

Seperti yang sudah dijelaskan, bukan cuma bahaya tapi juga kurang efektif. Lantas, kalau bukan dengan cotton bud, apa yang harus dipakai untuk membersihkan telinga? Berikut tips aman bersihkan kotoran telinga tanpa cotton bud yang bisa kamu coba sekarang.


Tips Aman Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

Tips Aman Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

Umumnya kotoran telinga memberikan banyak manfaat karena mampu berperan sebagai pelindung alami tubuh dari segala partikel asing. Kotoran telinga juga mempunyai kandungan antibiotik dan anti jamur alami, sehingga terlalu sering membersihkannya berkontribusi mengalami infeksi dan eksim pada bagian luar telinga.

Kenapa cotton bud kurang dianjurkan?

Alasan cukup logis pun kami dapatkan dari berbagai sumber. Rata-rata hasilnya mengungkapkan bahwa ketika kamu memasukan cotton bud ke dalam telinga, maka di saat bersamaan kamu juga sudah mendorong kotoran tersebut ke bagian yang lebih dalam. Ini artinya, kamu secara tidak langsung sudah memadatkan kotoran telinga tersebut.

Ya mungkin sekilas tampak menempel pada cotton bud. Tapi ketahuilah, kotoran telinga yang sudah berada jauh di dalam akan melewati tempat dimana produksi minyak berlangsung. Pada akhirnya, telinga cenderung mengalami rasa sakit, tekanan, hingga gangguan pendengaran yang berisiko merusak gendang telinga.

Maka dari itu, banyak sekali ahli medis yang kurang menyarankan pemakaian cotton bud sebagai alat bantu untuk mengeluarkan kotoran telinga. Sebagai gantinya, mungkin kamu bisa memakai minyak zaitun. 

Berdasarkan Yayasan Riset Pendengaran Amerika, menambahkan 2-3 tetes minyak zaitun ke telinga jauh lebih efektif karena dapat melembutkan kotoran sehingga akan mengalir keluar dengan sendirinya. Bukan itu saja, dari segi kesehatan juga minyak zaitun jauh lebih berkualitas ketimbang cotton bud.

Tekstur minyak zaitun yang lembut di kulit diklaim tidak akan merusak lapisan dalam telinga, beda dengan cotton bud. Kapas yang dipakai biasanya cenderung lebih kasar yang dikhawatirkan melukai kulit bagian dalam telinga.

Pemakaian minyak zaitun untuk membersihkan telinga juga harus dilakukan maksimalnya 1 kali dalam sepekan. Tapi, membersihkannya secara berkala pun sepertinya tidak masalah, karena prosedur ini sama sekali tidak membahayakan telinga.

Jika kamu kurang suka dengan minyak zaitun, bisa gunakan cara lain yakni dengan obat tetes telinga atau pakai alat khusus.

Kalau kamu kurang percaya dengan metode alami atau bahan-bahan non medis, mungkin obat tetes telinga bisa menjadi alternatif selanjutnya. Obat tetes telinga banyak dijual bebas di apotek, sehingga kamu tidak perlu bingung untuk mendapatkannya.

Salah satu obat tetes telinga yang bisa kamu beli di apotek adalah Drops Removal Debrox yang terbukti bagus untuk melembutkan kotoran telinga sehingga mudah dibersihkan oleh tisu. Jangan lupa, pilih tisu dengan permukaan yang lembut. Lagi lagi alasannya supaya tidak melukai lapisan kulit.

Ya kita semua tau dong pastinya kalau beberapa kulit di area wajah kita termasuk telinga cukup sensitif dan tipis. Kalau rusak kan berabe, jadi tidak ada salahnya kalau kamu melakukan pencegahan dengan memilih tisu lembut.

Berikut adalah tips aman bersihkan kotoran telingan tanpa cotton bud yang bias kamu coba di rumah. Kalau tidak mau karena takut membahayakan telinga, silakan pergi ke dokter spesialis atau THT. Minta lah agar dokter disana membersihkan telingamu dengan alat khusus. Dengan begini, keamanannya jauh lebih terjaga, terjamin dan pastinya memuaskan. Tips Aman Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam juga, karena untuk sekadar membersihkan telinga biasanya cukup terjangkau. Lain halnya kalau telingamu memang bermasalah, mungkin akan dianjurkan pengobatan lanjutan sebagai pencegahan supaya kondisi telinga tidak semakin memburuk. Selamat mencoba di rumah, semoga kamu bisa mengurangi pemakaian cotton bud 😀 ~ Statistimt.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *