Informasi Kesehatan

Tips Mandi Di Malam Hari Agar Tidak Penyakitan

Tips Mandi Di Malam Hari Agar Tidak Penyakitan,- Benarkah mandi di malam hari bisa sebabkan rematik? Sebenarnya bahaya mandi di malam hari hanya berlaku untuk bayi. Bagi orang dewasa, mungkin ini hanyalah mitos belaka. Faktanya sampai detik ini tidak ada kasus penyakit rematik yang disebabkan oleh kebiasaan mandi di malam hari. 

Mandi di malam hari justru berdampak baik bagi kesehatan karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat pikiran lebih tenang dan yang pasti bikin tidur lebih nyenyak. Sejauh ini, mandi di malam hari tidak terkait dengan penyakit apapun. Kalau pun kamu mengalami rematik setelah mandi malam, mungkin itu hanya kebetulan.

Atau bahkan ada faktor lain yang jauh lebih berkaitan erat dengan rematik yang kamu alami. Intinya sih, mandi di malam hari itu tergantung kondisi tubuh. Ya, kalau lagi fit mungkin akan aman-aman saja. Sebaliknya, kalau sistem kekebalan tubuh sedang down boleh jadi akan ada keluhan setelah kamu menyelesaikan mandi.

Sering berendam di malam hari? Sekarang jadi parno karena takut terserang rematik? yuk baca tips mandi di malam hari agar tidak penyakitan berikut ini ↵


Tips Mandi Di Malam Hari Agar Tidak Penyakitan

Tips Mandi Di Malam Hari Agar Tidak Penyakitan

Menurut salah seorang pakar kesehatan Dr. Amy Shah mengatakan bahwa mandi di malam hari justru baik untuk kesehatan. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan satu ini, terlebih untuk kamu yang sudah bekerja seharian dan penuh tekanan. Mandi malam dapat menjadi cara terbaik guna mengatasi stres dan menenangkan pikiran.

Triknya sangat mudah, jika kamu ingin mandi malam tapi tidak ingin kesehatan terancam maka sebaiknya gunakan air hangat. Selain dapat mensterilkan tubuh dari berbagai kuman dan kotoran, air hangat juga dapat memberikan rasa rileks. Satu tips lainnya adalah membiarkan suhu tubuh turun terlebih dahulu. Ya, kita semua tau lah bagaimana suhu tubuh sepulang kerja?

Pasti masih penuh keringat dan capeknya belum hilang. Sembari menunggu suhu tubuh turun, ada baiknya kamu istirahat sejenak. Jika dirasa sudah stabil, baru boleh mandi. Dengan melakukan tips ini secara rutin maka dipastikan tubuhmu akan aman dari berbagai serangan penyakit. 

Jika demikian, lantas apa kaitannya mandi malam dan rematik?

Sekali lagi, ditegaskan kalau mandi malam sama sekali tidak memiliki keterkaitan apapun dengan penyakit rematik. Secara logika dan menurut medis, rematik merupakan penyakit yang terjadi akibat proses autoimun yang sampai detik ini masih belum dapat dijelaskan dengan pasti. Jadi sudah sangat jelas bahwa mandi malam tak berisiko bagi kesehatan.

Yang ada sebaliknya, mandi malam boleh dilakukan oleh orang dewasa tapi tidak bagi bayi karena suhu dingin bisa menimbulkan penyakit hipotermia. Yakni kondisi dimana temperatur tubuh turun secara drastis, hal ini terjadi karena bayi belum memiliki kemampuan cukup kuat untuk mengatur suhu.

Sekarang sudah terjawab kan? Bagaimana tips mandi di malam hari agar tidak penyakitan? Jadi, kalau mau mandi ya mandi saja. Sama sekali tidak berisiko, karena tubuh yang bekerja seharian pasti lelah dan harus selalu dibersihkan untuk meminimalisir menempelnya kotoran, debu, polusi serta lainnya. ~ Statistimt.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *